Advertisement
AL-KINDI

Sepanjang
hayat beliau,beliau telah dianggap sebagai ahli falsafah Muslim dan paling
agung, berkat kejeliannya dalam menggeluti ilmu filsafat maka nama nama hebat
seperti Al-Farabi dan Ibn Sina merujuk kepada hasil karta beliau. Pendekatannya
dalam bidang falsafah bukanlah hasil pemikiran yang asal, tetapi merangkumi
penulisan Aristoteles dan Plato. Walaubagaimanapun hasil kerjanya amat penting
kerana beliau memperkenalkan dan menyebarkan falsafah Yunani dikalangan cendikiawan
Islam.
Sangat
banyak hasil dari karya al-kindi, hal ini dikarenakan al-Kindi merupakan
ilmuwan yang kaya dan sangat cinta paga pengetahuan yang menghasilkan banyak
sekali karya-karya diberbagai bidang yaitu:[2]
a. Dibidang filsafat beliau menulis karangan
seperti: Fi al-falsafat al-‘Ula, Kitab al-Hassi’ala Ta’allum al-Falsafat, Risalat
ila al-Ma’mun fi al-illat wa Ma’lul, Risalat fi Ta’lif al-A’dad, Kammiyat Kutub
Aristoteles.
b.
Dibidang Astronomi hasil karangan al-Kindi adalah: Risalah fi
Masa’il Su’ila anha min Ahwal al-Kawatib (jawaban dari pertanyaan tentang
planet), Risalah fi Jawab Masa’il Thabi’iyah fi Kayfiyyat Nujumiah (pemecahan
soal-soal fisik tentang sifat-sifat perbintangan), Risalah fi anna Ru’yat al
Hilal la Tudhbathu bi al-Haqiqoh wa innama al-Qowl fiha bi at-Taqrib (bahwa
pengamatan astronomi bulan baru tidak dapat ditentukan dengan ketetapan, Risalah
fi Mathrah asy-Syu’a (tentang projeksi sinar), Risalah fi Fashlayn
(tentang dua musim yakni; musim panas dan musim dingin), Risalah fi Idhah ‘illat
Ruju’ al-Kawakib (tentang penjelasan sebab gerak kebelakang planet-planet).
c.
Dalam bidang ilmu pengobatan hasil
karangan al-Kindi adalah: Risalah fi’illat Naftcad-Damm (tentang
hemoptesis yakni batuk darah dari saluran pernapasan), Risalah fi Adhat al-Kalb
al-Kalib (tentang rabies).
d.
Dalam bidang ilmu hitung dan logika hasil
karangan al-Kindi adalah: Risalah fi al-Kammiyat al-Mudhafah (tentang
jumlah relatif), Risalah fi at-Tajhid min Jihat al-’Adad (tentang
keesaan dari segi angka-angka). Risalatun fi Madhkal al-Mantiq bi Istifa
al-Qawl fihi (tentang sebuah pengantar lengkap logika), Ikhtisar Kitab
Isaghuji li Farfuris (sebuah ikhtisar Eisagoge Porphyry).
[1] Syarif, Sejarah Filosof
Muslim, (Jakarta: Rajawali Pers, 2003), h. 6.
[2] http://syafieh.blogspot.com/2013/03/filsafat-al-kindi.html.
Diakses pada 20 Januari 2014.